logo

BPTD Kelas II Kalimantan Tengah adakan Sosialisasi Pekan Keselamatan Jalan Tingkat SMA Se-Kalimantan Tengah Tahun 2024

Palangka Raya _Kalteng (14/5) Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat melalui Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Kalimantan Tengah menggelar Sosialisasi Keselamatan Lalu Lintas Tingkat SMA Se-Kalimantan Tengah

Kegiatan ini  dilaksanakan di Aula Kampus Muhammadiyah Kota Palangka Raya, yang dihadiri oleh tiga pemateri dari Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Tengah, Ditlantas Polda Kalimantan Tengah, dan Jasa Raharja Kalimantan Tengah.

Dengan ini bertujuan meningkatkan kesadaran keselamatan dan perilaku berkendara di jalan raya, menyasar langsung 160 peserta pelajar dari empat SMA di Kota Palangka Raya. Selain secara tatap muka, kegiatan ini juga diadakan secara daring melalui platform zoom, diikuti oleh pelajar di seluruh Kabupaten se-Kalimantan Tengah.

Kepala BPTD Kelas II Kalimantan Tengah, M. Andi Rachmatullah, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian Pekan Keselamatan Jalan 2024. “Data menunjukkan bahwa sekitar 60% kecelakaan lalu lintas melibatkan usia remaja. Oleh karena itu, BPTD Kelas II Kalimantan Tengah mengarahkan upaya kepada pelajar untuk memberikan pengetahuan dan edukasi tentang berkendara aman dan tertib di jalan raya,” ungkap Muhammad Abdi, Staff Seksi Sarana dan Angkutan Jalan Sungai Danau dan Penyeberangan BPTD Kelas II Kalimantan Tengah.

Arif Rahman menambahkan bahwa selain menyasar pelajar, BPTD Kelas II Kalimantan Tengah juga akan menyelenggarakan sosialisasi Sadar Lalu Lintas Usia Dini untuk anak-anak TK. Mereka akan diberi pemahaman melalui permainan tentang pengenalan rambu lalu lintas, tata cara penyeberangan, dan pentingnya penggunaan helm saat berkendara.

“Ini merupakan komitmen BPTD Kelas II Kalimantan Tengah untuk memulai dari hal-hal kecil dalam mensosialisasikan keselamatan berlalu lintas, sesuai dengan salah satu misi BPTD Kelas II Kalimantan Tengah untuk menciptakan sistem pelayanan transportasi darat yang aman, selamat, dan mampu menjangkau masyarakat dan wilayah Indonesia,” tambah Arif Rahman.(IS/SS)

Leave A Comment