logo

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) R.I melalui Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Kalimantan Tengah melaksanakan program mudik gratis

Palangka Raya, (21/24) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI melalui Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Kalimantan Tengah, melaksanakan program mudik gratis yang bertajuk “Mudik Aman Transportasi Aman” tahun 2024.
Kalteng menjadi salah satu provinsi di antara 38 kota di Indonesia yang juga menerima dan dipercayakan untuk melaksanakan program mudik gratis dari Kemenhub RI, dengan dua kota tujuan yaitu Banjarmasin dan Pangkalan Bun.
Kepala BPTD Kelas II Kalimantan Tengah M. Andi Racmatullah,S.E.,M.M.Tr saat ditemui oleh awak media Info Banua.co.id dan media lainnya di terminal WA Gara Palangka Raya mengatakan bahwa Mudik Gratis yang merupakan program pusat ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengurangi tingkat kecelakaan kendaraan bermotor, mengingat padatnya arus lalu lintas pada saat libur lebaran.
“ Untuk wilayah Kalimantan, Kalteng dipercaya oleh Kemenhub dan ini merupakan program pusat yang pertama kalinya dilaksanakan di Kalteng. Kami BPTD selaku penyelenggara sudah menyiapkan 12 bus dengan pembagian 6 bus tujuan Palangka Raya – Pangkalan Bun dan 6 Bus Palangka Raya – Banjarmasin dengan jumlah total kuota penumpang sebanyak kurang lebih 500 orang peserta mudik gratis,” tutur Andi.
Untuk angkutan mudik tujuan Pangkalan Bun sampai saat ini telah hampir memenuhi kuota, kami berharap untuk tujuan Banjarmasin juga dapat memenuhi kuota, agar kedepannya pada saat libur NATARU, Kalteng kembali dapat dipercaya untuk menjalankan program angkutan gratis dari Kemenhub pusat.
Lebih lanjut disampaikannya, bagi masyarakat yang berminat untuk mengikuti fasilitas mudik gratis dari BPTD, dapat melakukan pendaftaran melalui App Mitra Darat Yang bisa di Download di AppStore Atau Google Play, yang mana dalam 1 aplikasi tersebut, masyarakat bisa mendapatkan 4 tiket dengan menggunakan 1 akun, ini diharapkan dapat semakin mempermudah masyarakat untuk mendapatkan tiket bagi keluarganya.
Untuk pendaftaran telah dibuka semenjak 05 Maret 2024 s/d 03 April 2024, namun tidak menutup kemungkinan pendaftaran akan ditutup lebih cepat dari jadwal yang ditentukan jika kuota telah terpenuhi. Masyarakat yang sudah melakukan pendaftaran melalui App Mitra Darat, nantinya bisa langsung membawa bukti tiket mudik gratis ke terminal WA Gara untuk dilakukan validasi oleh petugas yang berada di posko registrasi.
“ Untuk jadwal keberangkatan akan kita mulai pada 07 April 2024 yang direncanakan pada pukul 10.00 WIB. kami himbau untuk masyarakat yang sudah mendaftar diharapkan untuk datang lebih awal dengan alasan validasi data.
Kami juga berharap masyarakat Kalimantan Tengah dapat memanfaatkan fasilitas mudik gratis ini sehingga keselamatan dan keamanan perjalanan mudiknya bisa lebih terjamin,” pungkasnya.

Leave A Comment