logo

KALIBRASI di Unit Pelaksana Uji Berkala Kendaraan Bermotor (UPUBKB) di Kabupaten Barito Timur.

Dalam hal ini BPTD Kelas II Kalimantan Tengah melalui  Kasi Sarana dan Angkutan Jalan Sungai, Danau dan Penyeberangan Dwi Hary Yulisetianto, S.SiT., M.Sc bersama Tim Penguji melaksanakan kegiatan KALIBRASI di Unit Pelaksana Uji Berkala Kendaraan Bermotor (UPUBKB) diKabupaten Barito Timur,(12/12/). Kalibrasi ini adalah proses pengecekan dan pengaturan akurasi dari alat ukur dengan cara membandingkan nya dengan standar/tolak ukur. Kalibrasi diperlukan untuk memastikan bahwa hasil pengukuran yg dilakukan akurat dan konsisten dengan instrumen lainnya.

Kalibrasi alat uji ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pelayanan kepada masyarakat dan berdasarkan pada Peraturan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat nomor : SK2405/AJ.402/DRDJ/2014 tentang Standard Operasional Prosedur Pelaksanaan Kalibrasi Peralatan Pengujian Bermotor.

Sesuai dengan peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia nomor 19 tahun 2021 tentang pengujian kendaraan bermotor pasal 53 ayat (1) “Untuk menjamin keakurasian peralatan uji berkala sebagaimana dimaksud dalam pasal 49 wajib dilakukan kalibrasi secara berkala 1 (satu) tahun sekali. Selain itu Kalibrasi peralatan pengujian kendaraan bermotor juga merupakan salah satu syarat guna memenuhi persyaratan akreditasi terhadap Unit pelaksana uji berkala di setiap daerah.

Leave A Comment